This blog was created as a means of articulation and display the identity of the owner who was a master of education Lion Perbangsa management at the University of Karawang. Hopefully this blog presence can bring benefits for students who are studying Management Sciences. Amen.

Jumat, 17 Desember 2010

UJIAN MATA KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN


PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMAN
UNIVERSITAS SINGA PERBANGSA KARAWANG

Nama
: Drs.H.M.Solihin
NPM
: 1041173405051
Mata Kuliah
: Manajemen Pemasaran
Hari/Tanggal
: Sabtu 11 Desember 2010
Tandatangan





Soal
Buat perencanaan pemasaran yang memuat ikhtisar eksekutif dan daftar isi; Tunjauan situasi pemasaran saat ini; analisa peluang dan isu yang dihadapi produk; ikhtisar tujuan keuangan dan pemasaran dari rencana; gambaran program yang akan dilaksanakan; proyeksi laporan rugi laba; dan ikhtisar pengendalian yang akan digunakan dalam memonitor perkembangan.

Jawab:
Rencana Pemasaran Toko Spatu Rizkiya
Jl. Syekh Quro No136 Pasar Wadas

Eksekutif Summary

Toko Spatu Rizkiya adalah usaha dagang yang terfokus pada penjualan sepatu berbagai merk dan berbagai ukuran, dari ukuran bayi anak sekolah sampai orang tua. Dalam menjalankan usahanya, toko sepatu Rizkiya melakukan kerjasama dengan berbagai suplayer jenis spatu tertentu, seperti : Boot Anti Air, Moc Toe Shoes, Nubuck Shoes, Oxford Shoes, Plain Toe Shoes, Sandal, Sepatu Anti Slip, Sepatu Boot Kulit, Sepatu Desainer, Sepatu Fitnes, Sepatu Gaya, Sepatu Hiking, Sepatu Kesehatan, Sepatu Lari, Sepatu Mewah, Sepatu Olahraga, Sepatu Ortotik, Sepatu Outdoor Sepatu Pantofel, Sepatu Pesta, Sepatu Sneaker, Sepatu Vans, Klom Tasig, Sandal Geulis dan Spatu Bayi.
Guna menghindari kesan “WAH” sehingga pembeli kelas menengah kebawah tidak minder, petataan dan pemajangan spatu, ditata sesederhana mungkin sehingga terkesan “Harga Pasaran” (Bukan harga Mol).
Dalam menjalankan usahanya Toko Spatu Rizkiya, sangat mengutamakan kepuasan pelanggan terutama dari sisi pelayanan, seorang calon pembeli yang melihat koleksi spatu yang diperjual belikan oleh Toko Spatu Rizkiya, walaupun tidak jadi membeli dianggap telah memberi keuntungan. Guna memperluas jaringan pemasaran, disamping mengharapkan pembeli yang datang kepasar wadas,  Toko Spatu Rizkiya jua bermitra dengan pedagang spatu kridit, guru-guru sekolah, dan warung eceran.

Tunjauan situasi pemasaran saat ini.
Pada kondisi sekarang tahun 2010, pemasaran sepatu terlihat lesu, hal ini lebih disebabkan diberbagai daerah terjadi gagal panen. Dipihak lain banyaknya pabriuk yang bangkrut sehingga terjadi PHK masal turut mempengaruhi omsep penjualan spatu di toko spatu rizkiya.

Analisa peluang dan isu yang dihadapi produk;
Semakin  meluasnya jaringan TV sebagai sumber informasi (Iklan), disatu pihak, dipihak lain semakin menguatnya daya beli masyarakat karena harga padi tinggi ditambah  pengarus budaya modern masuk kepelosok kampuing, sehingga sangat memungkinkan orang berganti spatu setahun dua kali, atau mengganti spatu anaknya yang sudah rusak, sehingga peluang pasar kedepan dianggap lebih menjanjikan.

Ikhtisar tujuan keuangan dan pemasaran dari rencana;
Menyambut Tahun 2011, dimaka menurut perkiraan ekonom iklim investasi akan semakin maju, lapangan kerja akan semakin terbuka dan perkembangan pertanian semakin menggairahkan, sehingga daya beli masyarakat diperkirakan akan semakin menguat.
Menguatnya daya beli masyarakat membuka peluang pasar bagi took spatu rizkiya untuk melakukan inovasi dengan cara menarik pembeli sebanyak-banyaknya. Semakin banyak pembeli yang melakukan transaki, maka semakin besar laba usaha yang dihasilkan.
Dalam upaya menuju kearah sana, Toko spatu rizkiya mencetak puluhan ribu eksemplar almanak (Kalender) yang memuat iklan spatu yang dijual ditoko.

Ikhtisar pengendalian yang akan digunakan dalam memonitor perkembangan.
Untuk mengetahui perkembangan usaha dan besaran laba usaha yang dihasilkan, manajemen took spatu rizkiya akan melakukan pencatatan jumlah pengunjung, pencatatan jumlah pembeli yang melakukan transaksi, melakukan pencatatan laba usaha yang dihasilkan dan menyisihkan laba usaha untuk memberi bonus pada karyawan apabila bisa mencapai target.

Visi Toko Spatu Rizkiya
“Melayani dengan hati sehingga tertarik hati”

Misi Toko Spatu Rizkiya
  1. Memberikan informasi lengkap tentang prodak merk spatu dari keunggulan dan kelemahannya.
  2. Menyediakan pelayanan yang memuaskan “Pembeli adalah raja”
  3. Memberi potongan harga dari harga yang tertera.
  4. Menjanjikan harga lebih murah disbanding took manapun.
  5. Menawarkan kebajikan pada pelanggan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar